Cara Paling Mudah Membuat Tulisan Kaligrafi ….?

Gbr kaligrafi

Ketika Anda mengunjungi masjid-masjid yang ada di negeri kita, atau barangkali di luar negeri, bisa jadi Anda tidak hanya terkesan dengan arsitektur masjid-masjid tersebut. Anda mungkin juga akan terkesima melihat berbagai bentuk kaligrafi yang terpajang di dinding atau kubah masjid-masjid tersebut. Anda mulai bertanya-tanya bagaimana cara berbagai karya seni kaligrafi tersebut dibuat, betapa pandai dan cakapnya orang yang membuatnya, dan berbagai pertanyaan lain yang jawaban-jawabannya kadang-kadang jauh di luar jangkauan kemampuan Anda untuk menyamainya. Walaupun begitu, Anda tentu tetap memiliki hasrat yang sangat besar untuk bisa membuat karya-karya Anda sendiri yang bisa Anda banggakan, bahkan tidak mustahil Anda bisa membuat sebuah karya sekelas karya-karya para maestro kaligrafer. Post ini akan menunjukkan kepada Anda cara-cara paling mudah dan paling jitu untuk mewujudkan cita-cita Anda menjadi seorang kaligrafer ulung dengan hanya bermodal mouse dan keyboard komputer dan tanpa harus memiliki keterampilan memainkan pena kaligrafi. Mari kita mulai latihan kita dengan basmalah dan solawat. Atur tempat duduk Anda agar nyaman dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pastikan bahwa Anda memiliki syarat-syarat dasar berikut ini:
    1. Komputer Anda bersistem operasi Microsoft Windows (latihan ini menggunakan Microsoft Windows XP).
    2. Bahasa Arab dan Keyboard Arabic sudah terpasang pada sistem operasi Anda. Jika belum, silahkan ikuti petunjuk pemasangannya dengan klik di sini.
    3. Anda mengerti huruf Arab dan cara menuliskannya dengan menggunakan keyboard latin. Jika Anda membutuhkan keterangan lebih lanjut tentang poin ini, klik di sini.
    4. Anda memiliki program kaligrafi Arab kelk 2000 yang dengan gratis dapat Anda unduh di sini. Jalankan setup.exe untuk memasang program tersebut. Baca keterangan dalam readme.txt jika Anda membutuhkan keterangan tentang pemasangan program tersebut.
    5. (opsional) Anda memiliki program Microsoft Office yang dilengkapi dengan Arabic  Multilingual User Interface Pack yang dapat Anda unduh dengan gratis di sini (latihan ini menggunakan Microsoft Office 2003).
  2. Kelk 2000 adalah program kaligrafer yang cukup mudah (user-friendly) dan fleksibel untuk digunakan, meskipun masih terdapat banyak kekurangan (bug). Silahkan Anda bereksperimen dengan program tersebut untuk membuat kaligrafi yang Anda inginkan. Untuk keterangan lengkap tentang tata cara menggunakan program kelk 2000 dan cara mengatasi bug yang ada dalam program tersebut, silahkan lanjutkan ke halaman ini.
  3. Microsoft Office yang dilengkapi Arabic MUI Pack memiliki kelebihan dalam hal seni tulis di samping kelebihan-kelebihan lainnya, klik di sini untuk mengetahuinya.

13 respons untuk ‘Cara Paling Mudah Membuat Tulisan Kaligrafi ….?

    1. لا يَسْتَوِي الْقَاعِدُونَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ غَيْرُ أُولِي الضَّرَرِ وَالْمُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ فَضَّلَ اللَّهُ الْمُجَاهِدِينَ بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ عَلَى الْقَاعِدِينَ دَرَجَةً وَكُلا وَعَدَ اللَّهُ الْحُسْنَى وَفَضَّلَ اللَّهُ الْمُجَاهِدِينَ عَلَى الْقَاعِدِينَ أَجْرًا عَظِيمًا (٩٥)

      Ayat 95-101 menjelaskan keutamaan berjihad dan berhijrah di jalan Allah dan beberapa hal yang terkait dengannya. Allah menganugerahkan derajat yang agung bagi orang yang berjihad di jalan-Nya. Bagi kaum mukmin yang tidak berjihad, tidak akan mendapatkan derajat tersebut. Namun, mereka tetap lebih mulia di sisi Allah ketimbang orang kafir dan munafik.

      Allah juga mewajibkan hijrah dari negeri kafir yang menindas kaum mukmin seperti Mekkah sebelum ditaklukkan Rasulullah saw. Kaum mukmin yang tidak mau berhijrah, jika mereka mati maka Allah menganggap mereka dalam keadaan menzalimi diri. Tempat kembali mereka adalah Jahannam. Kecuali kaum mukmin yang sudah tua renta, para wanita dan anak. Allah maafkan mereka karena Allah Maha Pemaaf dan Maha Pengampun.

      Allah menjamin orang-orang berhijrah di jalan-Nya kebaikan yang banyak dan kelapangan hidup. Jika kita mati dalam berhijrah di jalan Allah dan Rasul-Nya maka Allah menjamin pahala yang besar. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

      Jika kita dalam perjalanan jauh berdagang atau berperang, maka kaum mukmin mendapat dispensasi atau keringanan untuk mengqashar shalat fardhu. Mengqashar ialah memendekkan yang empat rakaat menjadi dua saja. Adapun shalat maghrib dan shalat shubuh maka tidak boleh diqashar. Keringanan tersebut Allah berikan jika kita takut disakiti atau diserang orang-orang kafir, karena mereka adalah musuh yang nyata.

      Suka

  1. q udh coba tpi kok gak bisa di simpan ya hasil dari kelknya, tolong bantuannya, gimana agar hasil dari kelk bisa di simpan ke bentuk apapun…..?

    Suka

Tinggalkan komentar